Advertisement

Cara Kurangi Kadar Kolesterol dari Daging Kambing

Daging kambing adalah satu menu makanan yang populer selama Idul Adha, maka tak heran jika banyak warga muslim di Indonesia yang menikmati daging kambing dalam beragam menu, misalnya sate kambing atau pun gulai. Orang-orang pun berbagi cara-cara dalam mengurangi kadar kolesterol dari daging kambing.

Sayangnya, beberapa orang harus hati-hati akan kandungan kolesterol yang terkandung pada daging kambing atau berbagai jenis daging dengan lemak yang tinggi. Oleh karena itu, anda perlu menyiasati keinginan makan daging kambing dan menghindari kolesterol. Kolesterol dapat berasal dari eksogen yaitu makanan. Sumber utama kolesterol dalam makanan adalah lemak hewani (jenis lemak jenuh/tidak bisa diurai didalam tubuh). Sementara lemak tak jenuh (mudah terurai) berasal dari tumbuh-tumbuhan (minyak kedelai, margarine), yang tampaknya tidak meyebabkan peningkatan kadar kolesterol.

Cara Kurangi Kadar Kolesterol dari Daging Kambing
Semur daging kambing, enak tapi jangan berlebihan

Berikut ini nutrisi yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, seperti dikutip dari Health.Harvard.edu yaitu:

1. Mentimun
Mentimun merupakan salah satu buah yang dikenal banyak orang dapat menurunkan kadar kolesterol. Serat yang terkandung dalam mentimun dapat membantu menurunkan kolesterol LDL. Satu buah mentimun bersama dengan kulitnya memiliki 1,5 gram serat, sehingga baik untuk turunkan kolesterol.

Berdasarkan laporan dalam American Journal of Clinical Nutrition ditemukan asupan serat secara langsung berkaitan dengan penurunan kadar LDL dan juga kolesterol total, karena ia membuang kelebihan kolesterol melalui feses.

2. Belimbing
Buah belimbing diketahui mengandung pektin yang dapat mengikat kolesterol dan asam empedu yang ada di dalam usus dan membantu mengeluarkannya. Hal ini yang membuat belimbing dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dari tubuh.

Selain mengandung sumber serat yang baik, belimbing juga mengandung kalium yang tinggi serta natrium yang rendah, sehingga baik bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi). Kolesterol tinggi dan hipertensi seringkali dialami secara bersama-sama.

3. Kacang-kacangan
Sebuah penelitian menunjukkan konsumsi kacang almond, walnut, kacang tanah dan jenis kacang lainnya sebanyak 2 ons per hari bisa menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Kacang juga diketahui sangat kaya akan serat larut yang baik untuk turunkan kolesterol berlebih. Selain itu kacang juga memililiki nutrisi tambahan lain untuk melindungi jantung.

4. Buah apel, anggur, stroberi dan jeruk
Buah-buahan ini diketahui kaya akan pektin, yaitu sejenis serat larut yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL (Low Density Lipoprotein) yang dapat menyumbat pembuluh darah.

5. Oatmeal
Konsumsi oatmeal adalah cara yang mudah untuk memperbaiki kadar kolesterol di dalam tubuh, karena ia mengandung serat larut yang baik menurunkan kadar kolesterol jahat. Tambahkan pisang atau strawberry untuk menambah manfaat yang didapat.

Sebaiknya, menu daging kambing yang tersaji dihidangkan bersama beberapa buah-buahan yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol yang terkandung dalam daging sapi. Hitung-hitung sebagai pencuci mulut setelah menikmati berbagai macam menu masakan berbahan daging kambing. Ada baiknya, anda juga tidak berlebihan dalam mengkonsumsi daging kambing dan beberapa jenis daging yang mengandung kolesterol. Informasi di bawah ini mungkin bermanfaat bagi anda.

Kolesterol pada Daging Kambing, Mitos atau Fakta?

Daging kambing, selalu identik dengan kolesterol tinggi.Sebagaimana informasi yang dilansir dari majalah-farmacia.com: Sebenarnya tidak ada bukti bahwa daging kambing mempunyai kandungan lemak (terutama lemak jenuh) yang lebih tinggi dibanding dengan jenis daging merah lainnya. Justru banyak penelitian membuktikan bahwa daging kambing sebenarnya mempunyai kandungan lemak yang lebih rendah dibanding dengan daging domba atau sapi yang dipotong pada kondisi yang sama. Menurut data yang diperoleh dari Proceedings Nutrition Society of Australia, kandungan kolesterol kambing hanya berkisar 5-39 mg/100g kambing, sementara kolesterol daging sapi: 42-78 mg/100 g dan babi 66-98mg/100 g. Gulai kambing bisa diduga mempunyai kandungan lemak yang lebih tinggi karena bahan untuk membuat gulai biasanya daging tetelan, tulang bersumsum dan ditambah santan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Kurangi Kadar Kolesterol dari Daging Kambing"

Post a Comment