Advertisement

Tips Bermanfaat Mengolah Kembali Hidangan Lebaran

Saat lebaran Idul Adha, hampir semua keluarga Indonesia manghidangkan dan mengkonsumsi masakan yang sama: Daging. Baik daging lembu maupun domba. Umumnnya masakan yang dihidangkan adalah berupa gulai kambing, sup daging sapi, rendang daging sapi, sup buntut dan lain sebagainya. Namun karena banyaknya menu daging dan jumlah penerimaan daging kurban yang cukup banyak, kadang kita bingung mau letakkan daging-daging segar tersebut dimana. Lalu masakan-masakan yang telah jadi dan bahkan masih bersisa pada keesokan harinya akan kita kemanakan.

Kadang-kadang keluarga sudah bosan melihat hidangan-hidangan berupa daging tersebut di atas meja. Mereka bahkan meminta untuk dibuatkan resep-resep sayur mayur bahkan hanya buah-buahan saja. Ini yang membuat kita harus mau memutar otak mau kita kemanakan masakan-masakan berbahan daging ini.

Dibawah ini adalah tips dan triks untuk mengolah kembali hidangan lebaran menjadi masakan yang baru dan segar.


Gulai Daging Kambing


Ambil daging kambing, pisahkan dengan kuah dan tulangnya. Apabila daging masih keras dan utuh, cuci bersi dan tiriskan. Iris bawang merah, bawang putih dan cabe rawit lalu tumis. Setelah bumbu harum, masukkan daging dan tumis hingga bumbu meresap. Bubuhkan sedikit garam, gula dan kecap manis agar ada perubahan rasa dengan rasa masakan awal.

Kalau daging sudah agak hancur maka anda bisa mengolahnya kembali menjadi abon. Tumis bawang merah, bawang putih yang telah dihaluskan. Tambahkan sedikit merica bubuk, garam, gula dan sedikit kecap manis. Masukkan daging kambing yang telah sedikit lunak. Masak dengan bumbu yang telah harum tadi. Siapkan daun pisang dan letakkan 3 sendok nasi. Ambil sesendok abon kambing, letakkan potongan-potongan cabe rawit diatasnya. Gulung nasi dengan daun kemudian sematkan lidi. Kukus selama 30 menit. Maka jadilah hidangan anda selanjutnya yaitu Buras.


Sup Iga kambing atau sapi


Pisahkan iga dengan sayurnya. Kuah dan sayur kemungkinan sudah tidak bisa dikonsumsi kembali. Cuci iga hingga bersih dan tiriskan. Buat bumbu pencelup yaitu saus tomat, saus sambal, kecap manis, kecap asin, perasan jeruk nipis, sedikit garam, sedikit merica. Campurkan saus ini dengan iga yang telah dicuci bersih. Panggang iga di atas pemanggangan atau letakkan di atas teflon. Bolak balik sebentar dengan mentega. Lalu jadilah hidangan baru anda, Iga Bakar.


Rendang Daging Sapi


Siapkan minyak yang banyak di wajan yang cukup. Pisahkan bumbu-bumb rendang yang masih menempel. Kemudian goreng daging rendang dalam minyak panas. Anda akan mendapatkan hidangan baru anda yaitu empal berempah. Namun apabila daging rendang anda sudah sangat empuk, maka anda bisa olah menjadi abon. Lakukan hal yang sama, goreng daging rendang yang telah empuk dalam minyak yang cukup panas. angkat setelah daging mulai agak mengering. Hidangan baru anda adalah abon rendang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Bermanfaat Mengolah Kembali Hidangan Lebaran"

Post a Comment