Advertisement

Cara Memilih Buah Durian yang Kualitasnya Bagus | Lengkap !!!

Penjual durian kini makin ramai di pinggir jalan menunggu pembeli datang memilih buah durian jajakan meeka, di beberapa daerah di Indonesia kini bersiap menikmati musim durian. Di Malang misalnya, buah duian sudah ramai dijajakan di pinggir jalan, padahal biasanya musim durian pada bulan Februari.

Bagi banyak orang, kecuali mereka yang alergi tentunya, durian merupakan buah favorit, harganya yang mahal bukan halangan untuk menikmatinya, walaupun memang ada juga durian yang di jual dengan harga lebih murah, utamanya buah durian yang ukurannya lebih kecil.

Bagi pecinta buah durian, menikmati durian yang nikmat adalah impian, hehehe. hanya saja, terkadang sensasi kenikmatan dai buah duian malah mengecewakan karena rasanya yang kurang manis atau hambar , isinya sedikit, malah biasanya sudah rusak. Makanya, sebagai pembeli, pintar-pintarlah memilih buah durian yang enak.

Cara Memilih Buah Durian
Agar tidak kecewa, pilihlah buah durian yang benar-benar baik ;)

Berikut ini bebeapa tips cara memilih buah durian yang enak. Semoga membantu anda mendapatkan buah durian yang nikmat di musim durian kali ini. Selamat berburu buah durian, ingat jangan salah pilih (Kayak pemilu aja yah ??).

Cara Memilih Buah Durian


1. Pilihlah durian yang bentuknya bulat.
Bentuk bulat menandakan daging buahnya besar dan banyak. Durian yang bentuknya lonjong biasanya hanya memliki daging buah sedikit.

2. Pilih durian yang tangkainya pendek atau lebar.
Bentuk tangkai bisa menggambarkan tipis atau tebalnya daging buah. Jika ia kecil dan panjang biasanya dagingnya kecil dan sedikit. Tangkai yang besar dan pendek menandakan daging buahnya banyak.

Tangkai ini merupakan pembuluh yang menyalurkan karbohidrat dari batang pohon. Bila besar dan pendek maka asupan karbohidratnya pun besar dan cepat, daging buah pun semakin besar. 

3. Pilih durian yang durinya jarang dan pendek pendek.
Ini tanda bahwa daging buahnya kering. Bila durinya banyak dan panjang, berarti kandungan airnya banyak sehingga daging buah biasanya lembek dan becek.

4. Pilih buah yang ringan.
Komponen terberat dari durian selain kulit adalah biji. Durian lebih ringan biasanya lebih banyak dagingnya. 

5. Pilihlah durian berjuring lima.
Buah durian memiliki juring (kamar-kamar) yang diisi biji dan daging buah juring bisa dilihat dari permukaan kulitnya berupa garis dari bagian atas sampai bagian bawah. Buah-buah durian yang ideal memiliki lima juring karena daging buah biasanya lebih banyak ketimbang durian yang memiliki 6 juring atau lebih. 

6. Jangan memilih durian yang sudah terbuka kulitnya.
Perhatikan bagian bawah durian, apakah sudah terbuka atau belum. Bila sudah terbuka atau menganga, berarti durian sudah “masuk angin” dan rasanya hambar.

7. Pilihlah durian yang wangi.
Bau wangi menandakan bahwa durian telah itu matang, tapi jangan terkecoh bau wangi yang bukan dari dalam buah. Pedagang kadang mencimpratkan sisa air kobokan durian ke permukaan kulitnya supaya durian itu wangi. 

8. Pukul durian dengan gagang pisau.
Saat membeli pukul pukul durian dengan gagang pisau untuk mengetahui matang atau tidaknya durian.jika terdengar suara “bluk-bluk” bergema,itu tandanya durian sudah matang.tapi bila terdengar bunyi “plek-plek”itu tandanya durian belum matang.

9. Durian runtuh.
Jika anda sempat memilih durian langsung dari kebunnya, maka pilihlah durian jatuh.durian yang jatuh langsung dari pohonnya biasanya sudah matang sempurna.namun tips ini sulit dipraktikan saat kita membeli di pedagang.karena,durian yang dijual adalah durian petik.durian petik memang jauh lebih awet ketimbang durian jatuhan.tips ini bisa dipraktikan jika kita memilih durian langsung di kebun.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memilih Buah Durian yang Kualitasnya Bagus | Lengkap !!!"

Post a Comment