Advertisement

Cerdaskan Anak Dengan ASI Berkualitas Sejak Bayi

anak cerdas
Anak cerdas oleh kasih sayang ibu yang memberikannya ASI berkualitas

Menyusui tak hanya menjalin hubungan antara ibu dan anak, tapi juga membantu pemberian nutrisi pada bayi untuk tumbuh kembangnya, utamanya memberikan ASI berkualitas untuk kecerdasan anak. Asupan yang tepat tentunya akan berujung pada kesehatan bayi yang optimal. Itulah mengapa ibu menyusui perlu memperhatikan kualitas air susu ibu (ASI).


Sebagai orang tua, anda tentu ingin memiliki anak yang cerdas, bukan? Berikanlah Air Susu Ibu (ASI) sejak lahir kepada bayi Anda karena dalam ASI terkandung sejenis nutrisi penting yang berfungsi untuk belajar dan mengingat lebih baik yang disebut Gangliosida. Apa Gangliosida itu ?

Gangliosida merupakan salah satu komponen dari membran sel manusia, terutama membran sel saraf dan otak. Untuk mendapat asupan nutrisi gangliosida optimal, bayi memang sebaiknya mendapat gangliosida dari ASI. Dalam ASI, ada dua jenis gangliosida yaitu, GD3 (disialogangliosides 3) dan GM3 (monosialogangliosides 3). Gangliosida banyak terdapat pada air susu ibu pada enam minggu pertama masa menyusui.

Air susu ibu (ASI) merupakan makanan bayi paling baik hingga bayi berusia 6 bulan. Kandungan kompleks pada ASI yang relatif mudah dicerna dan sangat dibutuhkan bayi, tak tergantikan oleh susu formula mana pun.

Ada banyak cara untuk meningkatkan suplai ASI. Seperti yang dikutip Boldsky, mengkonsumsi makanan sehat saat menyusui

Menurut laporan Archives of General Psychiatry seperti dilansir BBC News, para ilmuwan asal Kanada itu menemukan fakta bahwa bayi-bayi yang diberi ASI saja selama tiga bulan pertama, walaupun banyak di antaranya juga mendapat ASI sampai 12 bulan, mencapai angka rata-rata 5,9 dalam tes IQ. Para guru juga menilai anak-anak itu memiliki kemampuan akademik lebih tinggi dalam membaca dan menulis, dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mendapat ASI

Kepala penelitian itu Profesor Michael Kramer mengungkapkan, memberi ASI secara eksklusif dalam jangka panjang tampaknya mempertajam pengembangan daya pikir anak.

Tak hanya persoalan kecerdasan, selama ini pemberian ASI sebenarnya juga disebut-sebut memberikan gizi lengkap secara alami. Pasalnya, air susu ibu memberikan juga banyak keuntungan penting. Keseimbangan yang tepat antara protein, karbohidrat, lemak, dan mineral menyebabkan air susu ibu mudah dicerna, sehingga jarang sekali menimbulkan gangguan pencernaan seperti diare.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cerdaskan Anak Dengan ASI Berkualitas Sejak Bayi"

Post a Comment