Advertisement

Makanan Sehat Sumber Zat Zinc (Seng)

Makanan seumber zat zinc
Makanan seumber zat zinc (seng)
Zat zinc atau seng adalah unsur dalam tubuh berjumlah kecil tetapi sangat dibutuhkan. Zat seng membentuk ratusan jenis enzim tubuh dan pemberi vitalitas. Zinc berpatisipasi dalam proses penyatuan protein dan nucleid acid, sehingga berpengaruh langsung terhadap pembelahan sel, pertumbuhan dan regenerasi sel.

Sekali kekurangan zat seng, maka pertumbuhan akan terganggu terjadi infeksi mulut, infeksi lidah, buta senja, tukak rongga rongga mulut, jerawat, rambut rontok, fungsi penyicip menumpul, kurang nafsu makan, menghindari makanan,wanita tidak/terlambat datang bulan, lemah sperma, gairah sex menurun, luka susah sembuh dan sebagianya.

Selain itu zat seng berkait erat dengan pertumbuhan kecerdasan anak. Anak-anak yang kekurangan zat seng mengalami gangguan pertumbuhan kecerdasan.

Adapun fungsi zat zinc atau seng yakni :
  • Sebagai katalisator reaksi biokimia dalam tubuh manusia.
  • Mengaktifkan berbagai enzim (merangsang aktivitas lebih dari 200 enzim).
  • Turut dalam persenyawaan protein.
  • Meningkatkan metabolisme hormon.

Makanan Sehat yang Banyak Mengandung Zinc


1. Daging

Tiga-ons daging menyediakan sekitar 40 persen atau lebih zinc dari dosis harian yang direkomendasikan. Daging yang dimaksud termasuk diantaranya adalah daging panggang, iga, dan daging rebus.

Sedangkan daging yang menyediakan 25-39 persen dari dosis harian adalah daging sapi, tulang rusuk, steak, daging domba, bahu panggang, dan lidah.

Ayam, ham, daging babi, dan kalkun setidaknya menyediakan sekitar 10 persen dari dosis harian zinc yang direkomendasikan.


2. Seafood

Tiram merupakan sumber makanan yang mengandung zinc paling tinggi. Seafood lain menyediakan setidaknya 10 persen per tiga ons termasuk kerang, lobster, ikan, dan daging kepiting.

Zinc sering hilang selama proses memasak. Untuk mempertahankan kandungan zinc, masak makanan dengan air sesedikit mungkin dan dalam waktu sesingkat mungkin.


3. Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Tepung gandum utuh merupakan sumber zinc yang baik. Sereal kering yang telah difortifikasi biasanya berisi setidaknya 10 persen zinc dari jumlah yang direkomendasikan.

Biji Labu, kacang almond, kacang mete, dan biji bunga matahari merupakan sumber zinc yang juga baik.

Meskipun zinc yang ditemukan di kacang-kacangan tidak seperti yang ditemukan dalam daging, kacang-kacangan masih menyediakan jumlah yang cukup dan merupakan sumber zinc yang penting terutama untuk vegetarian.


4. Produk Susu

Beberapa makanan dari produk susu merupakan sumber zinc yang baik. Delapan ons yogurt dan 1/2 cangkir keju ricotta mengandung setidaknya 10 persen dari jumlah harian yang disarankan.

Keju Swiss, keju Gouda, dan susu juga mengandung zinc.



Selama masa kehamilan, mengkonsumsi makanan yang mengandung zat Seng sangat bermanfaat untuk mencegah kelahiran bayi prematur, selain itu sebagaimana disebutkan bahwa, untuk meningkatkan kecerdasan anak, ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat seng yang banyak.


Sumber : bumbata.co |

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan Sehat Sumber Zat Zinc (Seng)"

Post a Comment