Advertisement

Manfaat dan Khasiat Jahe secara Herbal

Manfaat Jahe untuk pengobatan Herbal
Jahe sering dijadikan sebagai bahan obat herbal dengan berbagai khasiat.

Manfaat dan Khasiat Jahe bukan rahasia lagi, tumbuhan rimpang ini digunakan sebagai bahan obat herbal yang dapat menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan riangat maupun berat. Jika anda sedang melakukan perjalanan jauh, jangan lupa sediakan jahe untuk mengatasi mabuk perjalanan, kembung, masuk angin, dan kurang berenergi.

Tiap ruas jahe mengandung nutrisi antara lain protein, kalsium, fosfor, vitamin C, kolin, folic acid, mangan, juga vitamin B3. Jahe yang direbus efektif untuk menghangatkan tubuh, dan sangat cocok dikonsumsi saat udara dingin.

Dr Jaishree Bhattacharjee, konsultan Ayurvedic di Satvikshop.com, menyebutkan bahwa jahe memiliki banyak khasiat yang sebenarnya bisa dikembangkan lebih baik. "Jahe sangat populer digunakan dalam pengobatan herbal karena memiliki banyak menfaat seperti gangguan pada organ pencernaan maupun pernapasan," terangnya.


Menurutnya, jahe mampu meredakan kembung karena memiliki sifat stimultan dan ekspektoran. "Jahe juga memiliki mineral yang berguna seperti kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, tembaga, seng, dan juga vitamin," lanjutnya.

Bukan hanya menimbulkan manfaat bagi kesehatan, jahe juga bisa digunakan dalam menambah selera makan. Menurut peneliti, olahan jahe yang dikonsumsi sebelum makan dapat meningkatkan napsu makan dengan cara meredakan racun yang menyerang pencernaan. Caranya, campurkan irisan jahe segar dalam segelas jus jeruk. Konsumsi sebelum dan sesudah makan.

"Jus jahe segar juga bisa digunakan untuk mengobati gejala batuk dan dingin, menghentikan hidung berair dan membantu menyembuhkan sakit kepala dan demam yang berhubungan dengan flu biasa. Jahe bisa dikonsumsi dicampurkan dengan teh atau sebagai rebusan dengan kemangi dan madu," ujar Dr Jaishree, peneliti lain dalam studi tersebut.

Jika Anda memiliki masalah mabuk perjalanan, jahe juga bisa dipakai sebagai obat alternatif. Disebutkan, jahe mampu mengatur enzim pencernaan dan juga meningkatkan asimilasi nutrisi ke jaringan tubuh yang bisa mengurangi efek mual.

Selain itu jahe juga berfungsi sebagai terapi dalam mengurangi nyeri sendi dan peradangan pada pasien penderita arthritis karena sifat analgesic dan juga antiinflamasi. "Jahe yang dikeringkan memiliki sifat analgesic dan anti-inflamasi yang digunakan sebagai terapi nyeri sendi dan peradangan pada arthritis," lanjutnya.

Jika anda merasa lelah atau kondisi tubuh menurun, cobalah untuk merebus jahe merah bersama air secukupnya lalu tambahkan gula merah atau gula aren, sedikit gula pasir, dan daun pandan. Gunakan api kecil hingga airnya susut hingga seperempat bagian. Saring air jahe dan sajikan hangat. Semoga bermanfaat ;)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat dan Khasiat Jahe secara Herbal"

Post a Comment